Monday, January 25, 2010

Pesawat Ethiopia Jatuh di Laut


Pihak berwenang penerbangan Libanon mengatakan sebuah pesawat Ethiopian Airlines dengan 90 orang didalamnya jatuh ke Laut Mediteranian sesaat setelah lepas landas dari Beirut ditengah cuaca buruk.
Mereka mengatakan 83 penumpang dan tujuh kru berada di pesawat Boeing 737 yang menghilang dari radar beberapa menit setelah lepas landas Senin pagi dari Bandara Internasional Beirut.

Para saksi mata dipantai melaporkan melihat bola api ketika pesawat itu jatuh ke laut. Pesawat itu menuju ibukota Ethiopia, Addis Ababa, dari Beirut.

Presiden Libanon, Michel Suleiman, mengatakan tidak ada indikasi terorisme menyebabkan kecelakaan itu. Pihak berwenang mengatakan hal itu terkait cuaca.
Kecelakaan itu terjadi ditengah hujan lebat dan badai di Libanon.

Pihak berwenang Libanon memulai operasi SAR untuk mencari korban selamat. Sedikitnya dua mayat sudah ditemukan. Mereka mengatakan sedikitnya 54 penumpang adalah warga Libanon, beserta 22 warga Ethiopia.

Menteri Pertahanan Elias el-Murr juga menyatakan tidak ada bukti mengenai serangan teroris terhadap pesawat itu. Menteri Transportasi Lebanon Ghazi Aridi mengatakan, kondisi cuaca buruk kemungkinan menjadi penyebab utama kecelakaan itu. Sebab, menurutnya, pesawat Etiopia itu terbang saat terjadi badai petir dan hujan deras.

‘’Sebuah komite penyelidik Lebanon sedang mengusut kecelakaan itu. Komite akan berkerja sama dengan tim Prancis untuk mengungkap detail bencana itu,’’ kata Aridi.

Puing-puing kursi pesawat dan bagasi mengapung di pantai selatan Beirut. Perahu patroli, helikopter, dan tim penyelam Lebanon melakukan pencarian di lepas pantai Naameh.

‘’Mereka seharusnya menunda penerbangan sampai satu atau dua jam untuk keselamatan penumpang. Sebab, saat itu terjadi badai petir. Kami mendengar, kilat menyambar pesawat selama lepas landas,’’ kata seorang kerabat korban.

Girma Wake mengatakan tidak mengira bahwa pilot tetap melakukan lepas landas ketika cuaca buruk. ‘’Cuaca memang sangat buruk. Amat buruk. Mungkin, kru menganggap pesawat masih bisa lepas landas dalam cuaca seperti itu,’’ kata dia.

Ethiopian Airlines adalah perusahaan negara yang dikenal sebagai salah satu maskapai terbesar di kawasan Afrika. Maskapai penerbangan itu telah sering melayani rute penerbangan Addis Ababa-Beirut.

Baca berita lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar ria,,asalkan yang sopan dan jangan spam

 

Hot Indo. Copyright 2008 All Rights Reserved Hot-Ind0 | Search phones | key health care blog | Finished Basement Ideas | home improvement