Wednesday, January 27, 2010

Demo Besar-Besaran 28 Januari 2010


Demo besar-besarn akan digelar pada tanggal 28 Januari 2010 yang akan dilakukan oleh lapisan masyarakat dan mahasiswa untuk mengkritisi hasil 100 hari Presiden SBY.

Banyak yang memperkirakan bakal terjadi kerusuhan massal. Menurut sumber, Istana Presiden akan menjadi pusat demo yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2010.
Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Boy Rafli Amar, menyatakan akan menurunkan 10 ribu personel keamanan dari berbagai jajaran Polda Metro untuk mengantisipasi unjuk rasa besar-besaran 28 Januari mendatang.

Polisi dan TNI telah siap untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan

"Kami memang telah menyiapkan 10 ribu aparat, namun penurunan kekuatannya nanti disesuaikan situasi. Pada prinsipnya sesuai dengan kepatutan lah," ujar Boy, dalam konferensi pers di Polda, Selasa (26/1)

Selain kesiapan aparat, Polda Metro juga mempersiapkan tindakan persuasif dan preventif untuk menghindari terjadinya tindakan anarkis dan bentrok pada 28 nanti. "Intinya kita membawa, mengarahkan, dan mengajak masyarakat agar berunjuk rasa dengan damai," lanjut Boy.

Aksi besar-besaran 28 Januari yang dimotori Gerakan Indonesia Bersih dan Serikat Pekerja Nasional akan digelar puluhan elemen mahasiswa dan masyarakat. Menurut perkiraan Gerakan Indonesia Bersih, sekitar 25 ribu orang akan turun ke jalan.

George mengatakan TNI AD tidak melakukan persiapan khusus. Sebab, pengamanan demo adalah tugas dari Kepolisian. "Tetapi kapan pun kita diminta untuk membantu, kita akan selalu siap membantu Kepolisian," kata George.

Berapa personel yang akan disiapkan? "Tidak ada eskalasi yang tiba-tiba langsung tajam. Yang jelas, berapa pun diminta kami siap karena itu tugas negara," jawab dia.

George juga membantah TNI telah menyiapkan Kopassus guna mengantisipasi demo. "Kopassus itu disiapkan untuk latihan dan tidak ada kaitannya dengan aksi 28 besok," cetus George.

Dalam kesempatan itu, George juga menyampaikan rapim TNI yang dipimpinnya diikuti oleh 114 perwira tinggi TNI AD dan membahas tentang solidaritas dan profesionalisme keprajuritan yang mantap.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar ria,,asalkan yang sopan dan jangan spam

 

Hot Indo. Copyright 2008 All Rights Reserved Hot-Ind0 | Search phones | key health care blog | Finished Basement Ideas | home improvement