Tuesday, March 2, 2010

Cerita Tsunami di chile (hot) Foto dan Video


Ketika guncangan berhenti, Marioli Gatica dan seluruh keluarganya berkumpul di di dalam rumahnya yang berada di pinggir pantai, sambil mendengarkan radio direnagi lampu minyak.

Mereka mendengar instruksi dari pemadam kebakaran yang menyatakan kepada warga Talcahuano untuk tetap tenang dan tetap berada dalam rumah. Mereka tidak mendengar kabar akan adanya tsunami, hingga akhirnya tsunami itu datang tepat satu jam setelah guncangan hebat itu terjadi.

Rumah Gatica diterjang oleh air bah dahsyat disertai suara gemuruh yang mengerikan. Ia dan keluarganya terbawa arus, mereka tenggelam terbawa air bersama dengan kapal dan barang berat lainnya yang menghancurkan rumah.

Ia terus memegangi putrinya, Ninoska Elgueta, yang berusia 11 tahun. Tiba-tiba rus yang sangat deras merebut putri tercintanya. Dua kontainer besar menghancurkan rumahnya.

Lalu air itu pun surut seketika. Untungnya Ninoska selamat. Gadis itu berhasil menyelamatkan diri dengan meraih pohon ketika ia terseret arus, lalu dengan cepat ia memanjat pohon tersebut.

Beruntung, suami, ayah, adik dan kakak Gatica juga dalam keadaan selamat. Salah seorang anggota keluarganya yang hilang adalah ibunya yang telah berusia 76 tahun.

"Saya rasa ibu saya terjebak di bawah rumah," ujarnya.

Seketika itu juga pemadam kebarakan melakukan pencarian, tapi mereka mengatakan bahwa tidak ada yang selamat di bawah rumah tersebut.

"Sekira 80 persen penduduk Talcahuano tidak memiliki tempat tinggal. 10 ribu rumah hancur dan tak bisa ditempati," ujar Walikota Gaston Saavedra. Seperti dikutip Associated Press, Selasa (2/3/2010).

Menteri Pertahanan Cile mengatakan, Angkatan Laut Cile telah melakukan kesalahan dengan tidak memberikan peringatan akan datangnya tsunami. Ia berkata bahwa kapten yang berada di tepi pantai dan memberikan peringatan secara mendadak, dapat menyelamatkan ratusan jiwa.

Di lokasi lain, sekira 40 pensiunan yang saat itu sedang liburan dan berkemah di sekitar pantai di wilayah Pelluhue,  mencoba menyelamatkan diri dengan mencoba masuk kembali ke dalam bus, tapi akhirnya bus itu terbawa arus bersama dengan rumah di sekitarnya. Tsunami pada saat itu menerjang hingga sejauh 200 meter.
Menurut pejabat 'pengungkapan, lebih dari 700 orang tewas dan ribuan rumah, bangunan, rumah sakit dan jembatan yang tewas. . Gelombang tsunami di Hawaii bisa mencapai setinggi enam hingga 10 kaki. Di beberapa tempat, mereka mungkin hanya dua untuk tiga kaki.
Gempa bumi berkekuatan 8,8 Skala Richter terjadi di dekat pusat kota Concepcion Chili Sabtu pagi 27 Februari 2010, kata USGS sekurang-kurangnya lebih dari 120 orang tewas di terbaru.
 Pasukan keamanan mengatakan Senin mereka menahan puluhan orang karena melanggar jam malam setelah dipecat penjarah hampir setiap pasar di kota keras terkena gempa dan Chile tol melampaui 700.  Presiden Michelle Bachelet berjanji akan segera pengiriman makanan, air dan tempat berteduh bagi ribuan hidup di jalanan.
 
 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar ria,,asalkan yang sopan dan jangan spam

 

Hot Indo. Copyright 2008 All Rights Reserved Hot-Ind0 | Search phones | key health care blog | Finished Basement Ideas | home improvement